Layanan Perencanaan Individual Bimbingan dan Konseling Komprehensif

Layanan Perencanaan Individual

Layanan Perencanaan Individual merupakan proses pemberian bantuan kepada semua peserta didik/konseli dalam membuat dan mengimplementasikan rencana pribadi, sosial, belajar, dan karir. Tujuan utama layanan ini ialah membantu peserta didik/konseli belajar memantau dan memahami pertumbuhan dan perkembangannya sendiri dan mengambil tindakan secara proaktif terhadap informasi tersebut. Pelayanan peminatan mulai dari pemilihan dan penetapan minat (kelompok mata pelajaran, matapelajaran, lintas minat), pendampingan peminatan, pengembangan dan penyaluran minat, evaluasi dan tindak lanjut.

Strategi:

Strategi yang dapat dipilih yaitu: bimbingan kelas besar/lintas kelas, bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konsultasi, kolaborasi, konseling kelompok, dan konseling individual.

Selain itu, guru bimbingan dan konseling atau konselor memimpin kolaborasi dengan pendidik pada satuan pendidikan, berperan mengkoordinasikan layanan peminatan dan memberikan informasi yang luas dan mendalam tentang kelanjutan studi dan dunia kerja, sampai penetapan dan pemilihan studi lanjut.

Fokus Pengembangan: pengembangan diri siswa dalam bidang pribadi, sosial akademik, dan karir.

Mohamad Awal Lakadjo

Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Facebook

Technology