Layanan Responsif merupakan layanan yang diberikan kepada konseli yang menghadapi kebutuhan dan masalah yang membutuhkan pertolongan segera.
Tujuan: (1) layanan intervensi terhadap peserta didik/konseli yang mengalami krisis, peserta didik/konseli yang telah membuat pilihan yang tidak bijaksana atau peserta didik/konseli yang membutuhkan bantuan penanganan dalam bidang kelemahan yang spesifik., (2) layanan pencegahan bagi peserta didik/konseli yang berada di ambang pembuatan pilihan yang tidak bijaksana.
Isu: Isi dari layanan
responsif ini antara lain berkaitan dengan penanganan masalah-masalah
belajar, pribadi, sosial, dan karir. Berkaitan dengan tujuan program. Bimbingan
dan konseling di atas, isi layanan responsif adalah sebagai berikut: a) masalah-masalah
yang berkaitan dengan belajar, seperti kebiasaan
belajar yang salah dan kesulitan penyusunan rencana pelajaran; b)
Masalah yang berkaitan dengan karir, misalnya, kecemasan perencanaan karir, kesulitan penentuan kegiatan penunjang karir, dan kesulitan
penentuan kelanjutan studi; c) masalah yang berkaitan dengan perkembangan
sosial antara lain konflik dengan teman sebaya dan keterampilan interaksi sosial yang rendah; dan d) masalah yang
berkaitan dengan perkembangan pribadi antara lain
konflik anatara keinginan dan kemampuan yang dimiliki, dan memiliki pemahaman yang kurang tepat tentang potensi diri.
Strategi:
Strategi yang dapat dipilih secara langsung yaitu:
konseling individual, konseling
kelompok, konsultasi, konseling krisis, konferensi kasus, advokasi, dan kunjungan rumah, dan referal (alih tangan kasus).
Strategi yang dapat dipilih melalui media yaitu: konseling
elektronik, kotak kebutuhan masalah peserta didik, dll.
Fokus Pengembangan: bergantung pada masalah siswa.
Mau tahu tentang lebih tentang layanan yang lainnya? klik ini "Layanan Perencanaan Individual Bimbingan dan Konseling Komprehensif"