Layanan Responsif Bimbingan dan Konseling Komprehensif

Layanan Responsif merupakan layanan yang diberikan kepada konseli yang menghadapi kebutuhan dan masalah yang membutuhkan pertolongan segera.

Tujuan: (1) layanan intervensi terhadap peserta didik/konseli yang mengalami krisis, peserta didik/konseli yang telah membuat pilihan yang tidak bijaksana atau peserta didik/konseli yang membutuhkan bantuan penanganan dalam bidang kelemahan yang spesifik., (2) layanan pencegahan bagi peserta didik/konseli yang berada di ambang pembuatan pilihan yang tidak bijaksana.

Isu: Isi dari layanan responsif ini antara lain berkaitan dengan penanganan masalah-masalah belajar, pribadi, sosial, dan karir. Berkaitan dengan tujuan program. Bimbingan dan konseling di atas, isi layanan responsif adalah sebagai berikut: a) masalah-masalah yang berkaitan dengan belajar, seperti kebiasaan belajar yang salah dan kesulitan penyusunan rencana pelajaran; b) Masalah yang berkaitan dengan karir, misalnya, kecemasan perencanaan karir, kesulitan penentuan kegiatan penunjang karir, dan kesulitan penentuan kelanjutan studi; c) masalah yang berkaitan dengan perkembangan sosial antara lain konflik dengan teman sebaya dan keterampilan interaksi sosial yang rendah; dan d) masalah yang berkaitan dengan perkembangan pribadi antara lain konflik anatara keinginan dan kemampuan yang dimiliki, dan memiliki pemahaman yang kurang tepat tentang potensi diri.

Strategi:

Strategi yang dapat dipilih secara langsung yaitu: konseling individual, konseling kelompok, konsultasi, konseling krisis, konferensi kasus, advokasi, dan kunjungan rumah, dan referal (alih tangan kasus).

Strategi yang dapat dipilih melalui media yaitu: konseling elektronik, kotak kebutuhan masalah peserta didik, dll.

Fokus Pengembangan: bergantung pada masalah siswa.


Mau tahu tentang lebih tentang layanan yang lainnya? klik ini "Layanan Perencanaan Individual Bimbingan dan Konseling Komprehensif"

Mohamad Awal Lakadjo

Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Facebook

Technology