Tahap Adjourning Dinamika Kelompok

 



Pada tahap ini biasanya anggota tim sudah siap untuk keluar (dari dalam kelompok) yang menyebabkan perubahan signifikan pada struktur tim, keanggotaan, atau tujuan dan tim. 


Perilaku yang Dapat Diamati, yaitu (1) tanda-tanda kesedihan yang terlihat, (2) momentumnya melambat, (3) perilaku gelisah, (4) adanya rasa kehilangan anggota tim.


Perasaan & Pikiran yang muncul, yaitu (1) kesedihan, (2) humor (yang bagi orang luar bisa tampak kejam), dan (3) senang sudah berakhir - lega.


Kebutuhan tim dalam kelompok, yaitu (1) evaluasi upaya tim, (2) ikat ujung dan tugas yang longgar, dan (3) kenali dan hargai upaya tim.


Tahapan yang paling seru dalam kelompok tahap performing


Kepemimpinan yang diperlukan, yaitu (1) membantu tim mengembangkan opsi untuk penghentian, dan (2) kemampuan mendengarkan, (3) refleksi dan melaksanakan pembelajaran kolaboratif untuk kesempatan berikutnya.


Tahap terakhir, penangguhan, melibatkan penghentian perilaku tugas dan pelepasan dari hubungan. Kesimpulan terencana biasanya mencakup pengakuan atas partisipasi dan pencapaian serta kesempatan bagi anggota untuk mengucapkan selamat tinggal secara pribadi.

Mohamad Awal Lakadjo

Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Facebook

Technology