Cara Membuat Makalah yang Benar

 


Membuat makalah yang benar adalah harapan bagi setiap pelajar/mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik. Membuat makalah yang memenuhi ekspektasi pembaca bahkan harapan penulis yang dapat menyampaikan informasi yang terkandung dalam makalah merupakan kebahagiaan tersendiri dan kepuasan yang tidak dapat dinilai dengan materil. Makalah yang berkulitas menunjukkan kualitas kapasitas pelajar/mahasiswa dalam melaksanakan tugas-tugas akademik. Untuk itu perlu memahami cara membuat makalah yang benar dengan struktur yang wajib ada dalam penyusunannya. Dalam artikel ini sedikit berbeda struktur penyusunan makalah pada umumnya karena menambahkan kajian teori didalamnya. Hal ini dilakukan agar pelajar/mahasiswa terbiasa dengan membuat tugas makalah yang berbentuk tugas akhir (skripsi). Berikut uraian setiap struktur dalam makalah.


Cover/Sampul Makalah

Cover sekurang-kurangnya mesti memuat judul makalah, identitas penulis, logo, serta tahun terbit.


Kata Pengantar

Kata pengantar disusun agar pembaca memiliki pandangan umum terhadap makalah dibuat (struktur isi makalah), dan berisikan sambutan dan ucapan syukur karena telah menyelesaikan makalah dengan baik.


Daftar Isi

Bagian yang menguraikan susunan halaman dari semua isi struktur dalam makalah yang telah dibuat, agar memudahkan pembaca dalam menemukan informasi tertentu. 


Daftar Tabel (jika ada)

Bagian yang menguraikan susunan halaman dari semua tabel yang telah dibuat didalam makalah, agar memudahkan pembaca dalam menemukan informasi tertentu. 


Daftar Gambar (jika ada)

Bagian yang menguraikan susunan halaman dari semua gambar yang telah dibuat didalam makalah, agar memudahkan pembaca dalam menemukan informasi tertentu.


Bab I Pendahuluan

Pendauhluan berisi 4 sub bab, yaitu: Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penulisan, dan Manfaat Penulisan.


Bab II Kajian Teoretis/Kajian Pustaka

Kajian Teoretis/Kajian Pustaka berisi uraian mengenai dasar teori dan konsep yang relevan dengan topik karya, memuat pendapat dan pemecahan masalah yang pernah dilakukan.


Baca Juga Ketentuan Penulisan Makalah yang baik 


Bab III Metode

Uraian secara cermat mengenai cara atau prosedur pengumpulan data/informasi dan analisis, terdiri dari 3 sub bab yaitu: desain penulisan, pengumpulan data, dan analisis dan interpretasi data. 


Bab IV Pembahasan

Analisis uraian pokok dari permasalahan yang diangkat dalam penulisan, harus sesuai dengan latar belakang, rumusan, dan tujuan penulisan. Pembahasan mencakup kajian pustaka dengan berbagai artikel yang ada atau buku pembanding yang lain yang memberikan solusi dari permasalahan.


Bab V Penutup

bagian ini terdiri dari 2 sub bab yaitu: simpulan dan saran yang relevan dengan hasil karya makalah.


Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisikan daftar referensi yang digunakan sebagai sumber dalam penulisan makalah. Referensi bisa dari buku, jurnal, media online, surat kabar, hasil wawancara, laporan, UU/Peraturan, dan/atau informasi valid lainnya.

Mohamad Awal Lakadjo

Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Facebook

Technology