Ketentuan Penulisan Makalah



Beberapa ketentuan dalam penulisan makalah yang diperlu diketahui oleh pelajar/mahasiswa dalam membuat makalah, yaitu:
  1. Makalah yang dibuat merupakan makalah orisinil yang belum pernah dipublikasikan.
  2. Makalah yang dikirimkan ditulis dengan mengunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan disesuaikan dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
  3. Makalah ditulis dengan jelas, runtut, dan didukung oleh data dan informasi yang akurat.
  4. Isi dari Makalah ditulis sesuai dengan tema yang telah diberikan.
  5. Panjang Makalah ditulis minimal 7 halaman, maksimal 25 halaman tidak termasuk halaman judul (cover)Kata Pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar pustaska.
  6. Isi malakah menggunakan font Times New Roman 12 pt, margin (3 cm atas, 3 cm kanan, 3 cm bawah, dan 4 cm kiri) spasi paragraph 1,5 (before 6 pt dan after 6 pt), ukuran kertas A4.
  7. Judul diketik rata tengah (center) menggunakan huruf kapital, dicetak tebal menggunakan times new roman dengan ukuran font 16pt dan subtema 12pt, spasi paragraf 1,5 rata tengah (center).
  8. Bab ditulis di tengah (center) semua huruf kapital dan cetak tebal.
  9. Sub bab ditulis di samping kiri (left), huruf kapital disetiap awal kata (kecuali kata penghubung).
  10. Penulisan di awal paragraf diketik menjorok 1 cm.
  11. Penomoran halaman bagian awal (daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dsb) menggunakan angka romawi (i,ii,iii, dst.) diletakkan di bawah tengah. Pada halaman inti, penomoran menggunakan angka digital (1,2,3 dst) diletakkan di bawah tengah.  Bagian awal dan bagian inti dalam 1 file (tidak dipisah).
  12. Penulisan keterangan tabel diletakkan dibagian atas sesuai urutannya didalam bab dan sub bab dan penulisan keterangan gambar diletakkan di bagian atas sesuai urutannya didalam bab dan sub bab.


Untuk membuat maklah jauh lebih rapi maka mesti didukung oleh keterampilan didalam mengaplikasikan Microsoft Word yang dapat membantu pembuatan makalah, yaitu:

  1. Gunakan style Heading 1 pada setiap judul BAB, dan style heading 2 pada judul sub BAB, dst.
  2. Penulisan Daftar Isi gunakan Penomoran Otomatis (Table of Contens) yang teredia pada Ms. Word.
  3. Penulisan Daftar Tabel dan Daftar Gambar gunakan Penomoran Otomatis (Insert Caption & Insert Table of Figures) yang teredia pada Ms. Word.
  4. Untuk pengutipan (sumber: buku, Artikel, Website) didalam body text (isi) makalah gunakan Aplikasi Mendeley Desktop/Mendelay References Manager & Mendeley Web Importer agar mendapatkan kerapian pada Daftar Pustaka.
Mohamad Awal Lakadjo

Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Facebook

Technology