Tugas Terstruktur 5: MK BK Klasikal dan Kelompok

 


Bacalah dengan cermat contoh kasus dibawah ini.


Strategi Penanganan Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri Terpencil

(Sebuah Studi Kasus)


SMA Negeri "Mandiri" terletak di desa terpencil yang berjarak sekitar 600 km dari kota besar terdekat. Sekolah ini memiliki sekitar 800 siswa, dengan hanya tiga guru Bimbingan dan Konseling (BK), di mana hanya satu guru yang memiliki latar belakang pendidikan BK sementara dua lainnya berasal dari jurusan lain tanpa pelatihan khusus dalam BK. Sekolah ini dipimpin oleh seorang kepala sekolah yang terkenal sangat disiplin dan memiliki pendekatan otoriter dalam manajemen sekolah, yang sering kali menerapkan hukuman keras bagi siswa yang melanggar aturan, termasuk keterlambatan dan pelanggaran disiplin lainnya. Sekolah ini memiliki fasilitas yang sangat minim untuk layanan BK. Tidak ada ruang khusus untuk kegiatan bimbingan maupun konseling, baik individu maupun kelompok. Guru BK terpaksa menggunakan ruang kelas yang kosong atau ruang perpustakaan yang sering kali tidak memberikan privasi memadai bagi siswa. Alat dan perlengkapan untuk kegiatan konseling, seperti materi tes psikologis dan alat-alat pendukung lainnya, hampir tidak tersedia. Selaint itu Guru BK menghadapi minimnya pelatihan dan pengembangan keterampilan, sementara dukungan dari pihak sekolah untuk pengembangan profesional juga kurang. Di lain sisi, banyak siswa yang belum memahami tugas dan fungsi BK, sehingga potensi akademik, pribadi, sosial, dan karir mereka tidak terakomodir dengan baik oleh sekolah.


Pecahkan soal berikut berdasarkan kasus yang telah diuraikan.

  1. Apakah ada dampak yang terjadi pada layanan bimbingan kelompok dan konseling kelompok berdasarkan kasus diatas? Uraikan bersama dengan urgensinya.
  2. Bila Anda sebagai guru BK di sekolah tersebut, apa yang harus Anda lakukan terkait peraturan dan kebijakan, fasilitas ruangan, pengembangan profesi guru, dan kolaborasi bersama guru (wali kelas/mata pelajaran), serta bagaimana cara mengatasinya agar layanan bimbingan kelompok dan konseling kelompok menjadi efektif.
  3. Layanan bimbingan kelompok dan layanan konseling kelompok apa saja yang dapat diberikan kepada siswa sesuai dengan kondisi sekolah tersebut? Uraian Anda wajib memuat tujuan (SKKPD), materi, media, dan metode.
  4. Menurut pandangan Anda bila memberikan layanan konseling kelompok pada siswa, kendala dan perubahan apa yang akan terjadi pada layanan tersebut? Uraian sesuai dengan tahapan-tahapan konseling kelompok (perencanaan, pelaksanaan, pasca).

CATATAN

  1. Dilarang keras menggunakan ChatGPT atau AI lainnya.
  2. Tugas bersifat individual namun dapat berkolaborasi untuk bertukran pikiran saat mengerjakan (bukan copy-paste milik teman).
  3. Gunakan minimal 3 Referensi Buku, dan 5 Artikel yang berbeda untuk menjawab semua soal diatas.
  4. Tuliskan pada Microsoft Word lengkap dengan Referensi yang digunakan (wajib gunakan Mendeley).
  5. Kumpulkan dalam bentuk hardcopy paling lambat tanggal 27 Mei 2024 pukul 16.00 wita.

Mohamad Awal Lakadjo

Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Facebook

Technology