Berikut adalah daftar tambahan 10 topik untuk setiap bidang Bimbingan dan Konseling (Pribadi, Sosial, Akademik, dan Karir) yang difokuskan pada Pengembangan dan Pengentasan Masalah untuk jenjang siswa Sekolah Dasar dengan variasi topik yang berbeda dari sebelumnya:
Bidang Pribadi
Pengembangan:
- "Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa dengan Mengidentifikasi Kelebihan Pribadi."
- "Mengembangkan Kebiasaan Siswa untuk Berpikir Positif dan Menghargai Diri Sendiri."
- "Mengajarkan Teknik Mengelola Kekecewaan dan Frustrasi dengan Bijak."
- "Membantu Siswa Mengenali dan Mengatur Kebiasaan yang Positif Sehari-hari."
- "Menumbuhkan Sikap Optimisme Melalui Aktivitas Cerita Inspiratif."
- "Mengajarkan Anak untuk Berani Mengambil Tanggung Jawab atas Tindakannya."
- "Mengembangkan Kesadaran Diri pada Siswa tentang Pentingnya Kebersihan Diri."
- "Mendorong Anak Menetapkan Tujuan Kecil dan Mencapainya."
- "Membangun Sikap Disiplin Melalui Pengaturan Jadwal Pribadi."
- "Mengajarkan Anak Mengenali dan Menghargai Prestasi Kecil dalam Kehidupan Sehari-hari."
Pengentasan Masalah:
- "Pendampingan Siswa yang Mengalami Perasaan Minder di Lingkungan Sekolah."
- "Mengatasi Kebiasaan Siswa yang Sering Mengerjakan Tugas dengan Tergesa-gesa."
- "Mendukung Anak yang Kesulitan Mengendalikan Perasaan Marah dengan Teknik Sederhana."
- "Strategi Mengatasi Perasaan Malu Berlebihan pada Siswa di Kelas."
- "Bimbingan untuk Anak yang Mengalami Kesulitan Memahami dan Menyelesaikan Konflik Pribadi."
- "Pendekatan bagi Siswa yang Sering Merasa Tidak Diterima atau Dijauhi Teman."
- "Intervensi untuk Siswa yang Menunjukkan Tanda-Tanda Perasaan Kesepian."
- "Mendukung Anak yang Merasa Tidak Berharga atau Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain."
- "Bimbingan bagi Anak yang Sering Mengalami Kesulitan dalam Mengambil Keputusan."
- "Pendampingan untuk Anak yang Terlalu Bergantung pada Orang Lain dalam Berbagai Situasi."
Bidang Sosial
Pengembangan:
- "Melatih Kemampuan Siswa untuk Menyampaikan Pendapat Secara Efektif dan Sopan."
- "Mengajarkan Anak Cara Menghargai Batasan Pribadi dan Privasi Orang Lain."
- "Mengenalkan Konsep Kerjasama Tim melalui Permainan Interaktif di Kelas."
- "Mengembangkan Empati dengan Memahami Perasaan Teman dalam Berbagai Situasi."
- "Menumbuhkan Rasa Hormat terhadap Guru dan Teman melalui Diskusi Kelas."
- "Mengajarkan Siswa Etika Berbicara dan Mendengarkan dengan Baik."
- "Mendorong Siswa untuk Memberi Apresiasi terhadap Prestasi Teman."
- "Menanamkan Sikap Adil dalam Bermain Bersama dan Mengikuti Aturan."
- "Mengajarkan Siswa untuk Memberikan Bantuan dengan Tulus kepada Teman yang Membutuhkan."
- "Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Berbagi Pendapat Secara Positif di Kelompok."
Pengentasan Masalah:
- "Pendampingan untuk Anak yang Sering Mengalami Konflik saat Bermain dengan Teman."
- "Intervensi bagi Siswa yang Cenderung Suka Menyendiri dan Menghindari Teman."
- "Penanganan pada Siswa yang Sering Mengganggu Teman Saat Belajar."
- "Mengatasi Sikap Anak yang Sering Mengabaikan Aturan dalam Interaksi Sosial."
- "Pendekatan bagi Siswa yang Sering Menyalahkan Teman atas Kesalahan yang Terjadi."
- "Mengatasi Kebiasaan Siswa yang Cenderung Mengambil Barang Teman Tanpa Izin."
- "Mendampingi Anak yang Kesulitan untuk Mengelola Rasa Iri pada Teman."
- "Intervensi bagi Anak yang Sulit Menerima Pendapat Orang Lain di Lingkungan Sekolah."
- "Bimbingan bagi Siswa yang Cenderung Menjadi Pengikut atau Mengalami Tekanan Sosial."
- "Pendekatan untuk Mengatasi Perilaku Suka Mengejek atau Menghina Teman Sebaya."
Bidang Akademik
Pengembangan:
- "Mengembangkan Kebiasaan Siswa Membuat Rencana Belajar Harian."
- "Mendorong Siswa untuk Berpikir Mandiri dan Tidak Bergantung pada Orang Lain."
- "Mengajarkan Siswa Teknik Mengingat Informasi Penting dengan Cara Kreatif."
- "Melatih Kemampuan Anak untuk Mencari Solusi saat Menghadapi Tugas Sulit."
- "Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Melalui Aktivitas Eksplorasi dan Eksperimen Sederhana."
- "Mendorong Anak untuk Membuat Catatan Belajar yang Sederhana dan Efektif."
- "Membantu Siswa Mengenali Cara Belajar yang Paling Efektif bagi Diri Mereka."
- "Mengembangkan Kemampuan Membaca Cepat dan Memahami Bacaan dengan Baik."
- "Mengajarkan Teknik Visualisasi untuk Memahami Materi Pelajaran yang Kompleks."
- "Membantu Anak Membangun Pola Belajar Terstruktur untuk Mencapai Prestasi."
Pengentasan Masalah:
- "Pendampingan bagi Anak yang Kesulitan Mengatur Waktu Belajar."
- "Mengatasi Perasaan Takut Gagal atau Gugup Ketika Menghadapi Ujian."
- "Pendampingan Siswa yang Selalu Mengandalkan Orang Tua dalam Menyelesaikan PR."
- "Mengatasi Kebiasaan Anak yang Sering Melakukan Kesalahan pada Soal Sederhana."
- "Bimbingan bagi Siswa yang Sering Merasa Tertekan saat Belajar di Rumah."
- "Pendampingan bagi Anak yang Sulit Berkonsentrasi dalam Suasana Kelas."
- "Mengatasi Masalah Siswa yang Cepat Putus Asa Ketika Menghadapi Soal Sulit."
- "Mendampingi Anak yang Sering Merasa Terlalu Sibuk dan Kehilangan Waktu untuk Belajar."
- "Penanganan untuk Siswa yang Cenderung Lalai dalam Membawa Tugas atau Buku."
- "Intervensi bagi Anak yang Cenderung Bergantung pada Teman Saat Mengerjakan Tugas."
Bidang Karir
Pengembangan:
- "Mengenalkan Berbagai Aktivitas di Sekolah yang Berkaitan dengan Berbagai Profesi."
- "Mengajarkan Anak untuk Mengenali Tugas Harian yang Membantu Mereka Belajar Tanggung Jawab."
- "Menumbuhkan Sikap Ketekunan dalam Mencapai Tujuan Jangka Pendek."
- "Mengajarkan Anak Tentang Pentingnya Kedisiplinan untuk Mencapai Tujuan."
- "Mengenalkan Profesi Orang Tua atau Keluarga dan Peran Mereka di Masyarakat."
- "Mendorong Anak untuk Mengidentifikasi Hal yang Mereka Sukai dalam Pembelajaran."
- "Menanamkan Kebiasaan Mematuhi Tugas yang Diberikan sebagai Bentuk Disiplin Diri."
- "Mengajarkan Anak Cara Melihat Keterampilan yang Dibutuhkan di Masa Depan."
- "Mengenalkan Konsep Perencanaan Sederhana untuk Mencapai Cita-cita."
- "Mendorong Anak untuk Menyadari Keterampilan yang Dimiliki dan Dapat Dikembangkan."
Pengentasan Masalah:
- "Pendampingan untuk Siswa yang Tidak Tahu Minat dan Kelebihan Pribadi."
- "Mengatasi Siswa yang Cenderung Malas dan Kurang Termotivasi dalam Belajar."
- "Pendekatan bagi Anak yang Merasa Kebingungan Menghadapi Aktivitas di Sekolah."
- "Mendukung Anak yang Menunjukkan Perilaku Tidak Serius dalam Mengerjakan Tugas."
- "Bimbingan untuk Anak yang Kesulitan Memiliki Harapan Positif terhadap Masa Depan."
- "Mengatasi Masalah Anak yang Cenderung Tidak Punya Rasa Inisiatif."
- "Pendekatan bagi Siswa yang Selalu Menghindari Tugas yang Menantang."
- "Pendampingan untuk Anak yang Kurang Yakin pada Pilihan atau Keputusan."
- "Mengatasi Perasaan Takut untuk Menyampaikan Cita-cita atau Minat pada Guru."
- "Penanganan bagi Siswa yang Terlalu Mudah Menyerah Saat Menemui Kesulitan."
Topik-topik ini dapat digunakan sebagai inspirasi untuk program layanan bimbingan yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan siswa sekolah dasar.